Data Media Center
Media Informasi Peluang Kerja Mandiri.....
 
DATA MEDIA CENTER
Anda adalah Pengunjung ke :


Free Blog Content



Canada

 

Banyaknya penipuan berkedok penerimaan Tenaga Kerja Indonesia akhir akhir ini sangat marak di tanah air , seolah olah sudah menjadi sebuah trend grafiknya semakin menanjak. Di saat ekonomi sulit , di saat pengangguran semakin bertambah dan di saat lapangan pekerjaan sangat terbatas masih saja di manfaatkan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab tidak perduli apakah orang tersebut jual tanah warisan , sawah atau kerbau atau rumah untuk berangkat ke Luar negeri dengan satu harapan "Mendapatkan Kehidupan yang layak" di mana di negeri sendiri barang kali belum bisa di penuhi oleh pemerintah.

Dalam Opini ini saya akan mengangkat Informasi rektrutmen tenaga kerja Asing di kanada sebagai bahan pembelajaran bagi pembaca yang ingin bekerja di luar negeri khususnya Amerika utara (Kanada )

Menurut peraturan Pemerintah Kanada, hanya WN Kanada dan pemegang izin tinggal tetap (Permanent Resident) di Kanada yang diperbolehkan bekerja di Kanada. Orang asing yang ingin bekerja di Kanada harus memperoleh izin kerja sementara (Temporary Work Permit) atau langsung mengajukan permohonan izin tinggal tetap berdasarkan Skilled Workers Immigration Program atau Provincial Nominee Program. Institusi yang bertanggungjawab atas hal ini adalah Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan Kanada (Citizenship and Immigration of Canada / CIC) dan Departemen Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial (Human Resources and Social Development Canada / HRSDC). Kebijakan Kanada membuka kesempatan bermigrasi dan pemberian izin kerja sementara bagi orang asing adalah untuk memberikan manfaat bagi ekonomi Kanada namun tanpa mengurangi kesempatan bekerja bagi penduduk Kanada. Dengan lain kata, kebijakan keimigrasian dan ketenagakerjaan asing Kanada bersifat terbuka dengan memberlakukan sejumlah persyaratan yang ketat.

Dalam Masalah-masalah keimigrasian dan tenaga kerja asing merupakan kewenangan Pemerintah Federal Kanada .  Namun demikian, Pemerintah Provinsi diperkenankan mengadakan perjanjian terpisah dengan Pemerintah Federal untuk membuat kebijakan keimigrasian dan tenaga kerja asing tersendiri sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan federal. Perjanjian ini dikenal dengan Provincial Nominee Program.

Sebagaimana dijelaskan di atas, Kanada membuka kesempatan imigrasi (permanent residency) berdasarkan kriteria tenaga kerja ahli (skilled worker immigration) dan Provincial Nominee. Persyaratan umum untuk pelamar skilled worker immigrant adalah mempunyai pengalaman dan pendidikan yang memadai; kemampuan keuangan untuk menghidupi diri dan keluarga selama enam bulan pertama; kemampuan berbahasa Inggris atau Perancis; serta memenuhi persyaratan seleksi yang ditetapkan Pemerintah Kanada. Program Provincial Nominee adalah kesempatan imigrasi berdasarkan keahlian tertentu yang diprioritaskan provinsi. Khusus untuk BC, keahlian yang diprioritaskan untuk kategori ini adalah level managerial bagi industri serta ahli kesehatan. Sementara Alberta memprioritaskan pada tenaga ahli untuk level corporate management. Peserta Provincial Nominee akan dikecualikan dari persyaratan seleksi yang ditetapkan Pemerintah Kanada.

Izin bekerja sementara (temporary work permit) berlaku antara 1-3 tahun dan dapat diperbarui. Instansi pemerintah yang bertanggungjawab atas izin kerja sementara adalah HRSDC dan CIC, dengan prosedur sbb :

  1. Pelamar mengajukan lamaran ke perusahaan Kanada atau perusahaan Kanada menghubungi calon tenaga kerja untuk mengajukan tawaran kerja.
  2. Perusahaan tsb diharuskan mengajukan permohonan ke HRSDC, yang pada gilirannya akan mengeluarkan Labour Market Opinion (LMO) untuk menanggapi permohonan tsb. LMO merupakan analisis HRSDC yang memuat a.l. kebenaran adanya lowongan kerja; keharusan lowongan tsb diisi orang asing; adanya alih kemampuan ke pekerja Kanada; jaminan sosial bagi pekerja asing tsb; serta kemungkinan sengketa dengan pekerja Kanada. Salah satu persyaratan yang diminta HRSDC adalah bahwa perusahaan telah mengiklankan lowongan kerja tsb selama sebulan di Kanada tanpa ada pelamar yang memenuhi kriteria.
  3. Jika HRSDC menyetujui permohonan tsb, barulah calon pekerja asing tsb mengajukan izin bekerja sementara kepada CIC. Copy surat persetujuan HRSDC agar dilampirkan dalam permohonan izin kerja.
  4. Kewenangan pemberian izin kerja sementara berada di tangan CIC.
Pada bulan November 2006, Pemerintah Kanada mengeluarkan kebijakan baru guna mengatasi kekurangan tenaga kerja di BC dan Alberta. Dalam kebijakan yang disebut Foreign Workers for Occupations Under Pressure ini terdapat daftar 170 lapangan kerja di BC dan Alberta yang sangat kekurangan tenaga kerja, sehingga perusahaan Kanada diberi keringanan dalam menyewa orang asing. Keringanan itu adalah untuk lowongan dalam daftar 170 lapangan kerja di atas, masa pengiklanan hanya 1 minggu; dan/atau perusahaan telah melakukan proses rekrutmen tertentu, seperti melalui internet, serikat pekerja, dlsb.

KEBIJAKAN PERLAKUAN TERHADAP TENAGA KERJA ASING

  1. Kanada adalah salah satu negara yang paling menghormati dan mengakui hak-hak tenaga kerja asing yang bekerja di Kanada. Perlindungan dan penghormatan hak pekerja asing dan pekerja setempat adalah sama di dalam hukum ketenagakerjaan Kanada. Hak-hak pekerja (baik asing maupun setempat) tersebut di antaranya adalah hak membentuk dan bergabung dalam serikat pekerja; kompensasi atas kecelakaan kerja; tempat kerja yang aman dan bebas dari pemaksaan kerja; serta bebas dari perlakuan diskriminatif di tempat kerja. Perlindungan terhadap pekerja asing tersebut dilakukan pada saat melamar, bekerja dan berhenti bekerja (proses pemberhentian pekerjaan).
  2. Masing-masing Propinsi di Kanada mempunyai hukum ketenagakerjaan dan perlindungan hak-hak pekerja yang berbeda, namun secara prinsip tidak jauh berbeda dengan perlindungan terhadap hak-hak pekerja yang diatur Pemerintah Federal.  Apabila pekerja asing mendapatkan perlakuan diskriminatif atau hak-haknya dilanggar oleh majikan, mereka dapat mengadukan hal tersebut kepada Human Rights Tribunal (di tingkat Provinsi) dan Human Rights Commission (di Tingkat Federal). Demikian pula apabila mereka mendapatkan upah di bawah standar minimum, dapat dilaporkan kepada Labour Standard Office di tingkat Provinsi.
  3. Khusus untuk asuransi kesehatan, beberapa provinsi mensyaratkan seseorang untuk menjadi permanent resident selama beberapa waktu sebelum mereka berhak mendapatkan asuransi kesehatan untuk masyarakat. 
  4. Selain perangkat nasional dan domestik, Kanada juga mengikatkan dirinya pada instrumen internasional yang melindungi pekerja asing, seperti dalam International Migration Organization, International Labour Organization serta menjadi pihak dalam Declaration of Principles pada Konferensi Regional ke 5 mengenai Migrasi dengan negara-negara Amerika Latin, Karibia dan Amerika Serikat. Deklarasi ini, yang dikenal dengan Puebla Process, berisi penghormatan pada hak-hak buruh migran dan memerangi diskriminasi dan tindakan-tindakan pelecehan terhadap buruh migran dan keluarganya.
INFORMASI PRAKTIS

Pemerintah Kanada, BC dan Alberta mempunyai sistem informasi ketenagakerjaan online yang memadai. Berikut adalah website-website yang dapat diakses guna memperoleh informasi ketenagakerjaan dan keimigrasian :

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

  1. Kasus-kasus penipuan berlatarbelakang tawaran kerja banyak terjadi Amerika Utara, khususnya di Kanada. Tawaran ini biasanya disampaikan melalui email sehingga cukup sulit dicaritahu kebenarannya. Sekiranya calon TKI mendapat tawaran seperti ini, sangat disarankan agar ybs terlebih dahulu mengecek kebenarannya. Calon TKI dapat menghubungi contact person yang diberikan dan menanyakan hal-hal umum untuk mengetahui bonafiditas perusahaan tsb. Jika calon TKI diminta untuk menyerahkan sejumlah uang atau data-data pribadi seperti nomor rekening bank, nomor kartu kredit, atau tanggal lahir, hal ini adalah tanda awal bahwa tawaran tsb merupakan upaya penipuan.
  2. Calon TKI juga dapat mengecek secara mandiri memanfaatkan media internet. Di negara-negara maju, keberadaan website perusahaan adalah sebuah keharusan usaha. Jika perusahaan tsb mempunyai website, calon TKI dapat menggunakan website untuk mengetahui kredibilitas perusahaan. Jika calon TKI tidak menemukan apapun dalam pengecekan secara online, disarankan agar calon TKI menghubungi Perwakilan RI terdekat dari lokasi perusahaan. Daftar Perwakilan RI beserta alamat email dapat dilihat di website Deplu RI http://www.deplu.go.id
  3. Di Kanada, pengajuan LMO ke HRSDC menjadi tanggung jawab perusahaan. Dalam hal ini calon TKI tidak akan diminta kontribusi biaya pengajuan. Biaya yang perlu dibayar bagi TKI jika akan bekerja di Kanada adalah biaya pengajuan visa ke Kedubes Kanada, yang dapat dilihat melalui website Kedubes.
Jadi singkatnya jika para pembaca ingin bekerja di Luar Negeri maka telitilah informasi lowongan pekerjaan tersebut. jangan sampai kita sudah mengeluarkan jutaan rupiah tetapi hanya "pepesan kosong belaka" . 

Semoga Tulisan ini bermanfaat bagi semua pembaca.

Download Seputar kerja di Canada

1. Seputar Kerja di Canada
2. Seputar LMO Kanada
3. Pekerjaan dan peluang kerja di Canada
4. Email jawaban LMO ( contoh )
5. Contoh Email Jawaban Visa Setelah LMO di terima

Semua document yang di upload di lindungi oleh undang undang hak cipta , dan di larang menyebarkan tanpa seijin Data Media Center dan tidak untuk di komersilkan atas seijin Data Media Center. terima kasih atas perhatiannya

 

 

DATA MEDIA CENTER